Retribusi di Pantai Gunungkidul akan Pakai Teknologi mPOS

Senin, 26 Februari 2024 – 20:38 WIB
Retribusi di Pantai Gunungkidul akan Pakai Teknologi mPOS - JPNN.com Jogja
Suasana Pantai Ngrumput, Gunungkidul. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembayaran retribusi untuk masuk ke kawasan pantai di Gunungkidul, DIY, akan menggunakan terkonologi baru, yaitu mobile point of sale (mPOS).

Mobile point of sale (mPOS) adalah teknologi yang tersedia di ponsel pintar, berfungsi layaknya mesin kasir saat transaksi pembayaran.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Hari Susanto mengatakan penggunaan mPOS bertujuan mencegah kebocoran data retribusi.

"Alat yang disiapkan untuk kerja sama dengan Jasa Raharja,” kata Hari.

Dengan adanya mPOS, kata Hari, data retribusi yang masuk ke dispar dapat terpantau langsung dan data terbaru atau real time.

"Penggunaan mPOS ini untuk mengantisipasi kebocoran retribusi," katanya.

Lebih lanjut, Hari mengatakan pembayaran mPOS bisa dilakukan secara tunai maupun nontunai. Rencananya, mPOS diuji coba di TPR Baron dan jalan jalur lintas selatan (JJLS).

Selama ini, pembayaran tunai maupun nontunai masih membutuhkan waktu 24 jam untuk mendata dan penyetoran retribusi. Pembayaran nontunai seperti Qris

Dinas Pariwisata Gunungkidul sedang merancang teknologi baru untuk diterapkan pada penarikan retribusi masuk ke kawasan pantai selatan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia