Pancaroba Tiba, Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi Diperpanjang

Sabtu, 02 Maret 2024 – 19:16 WIB
Pancaroba Tiba, Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi Diperpanjang - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bencana tanah longsor. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Status siaga darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperpanjang hingga 31 Mei 2024.

Sebelumnya, status siaga darurat kebencanaan yang diterbitkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul berakhir pada 29 Februari 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul Antoni Hutagaol mengatakan alasan perpanjangan status siaga darurat bencana itu karena saat ini sedang memasuki musim peralihan atau pancaroba.

"Memasuki pancaroba kita harus waspada," kata dia, Sabtu (2/3).

Surat Keputusan (SK) Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi sudah diterbitkan per 1 Maret 2024. Sampai saat ini BPBD Bantul menunggu keputusan tersebut ditandatangani oleh Bupati Bantul.

"SK sudah siap, tetapi karena Pak Bupati ada kesibukan sehingga belum ditandatangani. Sudah sampai di meja bupati tinggal disahkan, tetapi yang jelas sudah siap, di daerah daerah lain juga sama, tetap ada perpanjangan status," katanya.

Dia mengatakan kewaspadaan bencana atau kejadian pada musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau hampir sama dengan sebelumnya, yaitu kewaspadaan tentang hujan deras yang disertai angin kencang yang berdampak banjir dan pohon tumbang.

Pada SK sebelumnya, kewaspadaan juga terkait bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang dampak hujan deras.

Status siaga darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bantul diperpanjang hingga akhir Mei 2024 karena cuaca buruk masih akan terjadi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia