BPBD Sleman Perpanjang Status Siaga Bencana Hidrometeorologi

Rabu, 06 Maret 2024 – 19:15 WIB
BPBD Sleman Perpanjang Status Siaga Bencana Hidrometeorologi - JPNN.com Jogja
Pemkab Sleman, DIY, menetapkan status tanggap darurat lahar dingin di sekitar sungai yang berhulu ke Gunung Merapi. Foto: JPG/Pojokpitu

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Status siaga darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Sleman, DIY, akan diperpanjang hingga akhir Mei 2024.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman memperkirakan bahwa dalam dua bulan ke depan cuaca ekstrem masih akan terjadi sehingga pemerintah dan masyarakat masih perlu waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan bahwa status siaga darurat kebencanaan sebelumnya sudah berakhir pada Februari sehingga mereka masih harus mengajukan perpanjangan.

Menurut Makwan, perpanjangan status siaga darurat bencana hidrometeorologi itu sesuai dengan imbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta.

"Selain itu, dengan adanya Surat Keputusan (SK) Siaga Darurat, maka diharapkan nanti masyarakat dan pemerintah dapat lebih siap. Khususnya untuk menghadapi berbagai potensi bencana, seperti banjir dan angin kencang yang disebabkan oleh anomali cuaca," katanya.

Ia mengatakan perpanjangan status siaga darurat memang perlu dilakukan karena saat ini intensitas curah hujan di wilayah Sleman masih cukup tinggi.

"Tingginya intensitas hujan dengan durasi yang cukup lama juga akan memicu potensi bencana selain bencana hidrometeorologi," katanya.

Bencana lain yang berpotensi terjadi di Sleman adalah banjir lahar hujan di aliran sungai berhulu Gunung Merapi yang turun ke bawah dengan radius jauh.

Status siaga darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Sleman, DIY, akan diperpanjang hingga akhir Mei 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia