Pemkab Bantul Bersiap Menyambut Pemudik di Tempat Wisata

Minggu, 31 Maret 2024 – 15:30 WIB
Pemkab Bantul Bersiap Menyambut Pemudik di Tempat Wisata - JPNN.com Jogja
Tempat pembayaran retribusi salah satu objek wisata di Bantul. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Objek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diprediksi bakal ramai pengunjung saat libur Lebaran 2024.

Pemerintah Kabupaten Bantul sudah mempersiapkan diri untuk berjaga di beberapa titik tempat pemungutan retribusi (TPR).

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan mereka akan menerjunkan beberapa personel untuk berjaga di TPR.

Personel tersebut berasal dari pegawai Dinas Pariwisata, dibantu personel dari Polsek, Polairud Polda DIY, Koramil, TNI Angkatan Laut (AL), Polres Bantul, Dinas Perhubungan, tim SAR, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta organisasi masyarakat.

"Selain itu, Dinas Pariwisata juga akan menerjunkan aparatur sipil negara (ASN) untuk monitoring dan membantu operasional selama libur lebaran. Para personel ini akan bertugas mulai 11 sampai 21 April 2024," katanya.

Kwintarto juga mengatakan kemungkinan ada tambahan bantuan dari kelompok masyarakat, seperti komunitas Pantas-RAPI, Pramuka, Paksi Katon dan lain lain untuk memperlancar arus kendaraan yang menuju destinasi wisata.

Tambahan personel akan disebar ke beberapa lokasi diantaranya di TPR Induk Parangtritis sebanyak 104 orang, TPR wisata Depok Parangtritis sebanyak 15 orang, dan TPR Samas sebanyak 19 orang.

Kemudian di TPR Pantai Gua Cemara sebanyak delapan orang, TPR Pantai Kwaru sebanyak sembilan orang, TPR Pandansimo delapan orang, selanjutnya TPR wisata alam Goa Selarong enam orang, dan di TPR Gua Cerme enam orang.

Objek wisata di Kabupaten Bantul dipersiapkan untuk menyambut libur Lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia