Sultan Minta Pejabat Daerah Mencari Solusi Permasalahan Sampah

Rabu, 08 Mei 2024 – 14:03 WIB
Sultan Minta Pejabat Daerah Mencari Solusi Permasalahan Sampah - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Triwulan I Tahun 2024 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan pada Selasa (7/5). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan bahwa kabupaten/kota harus mencari solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di daerahnya masing-masing.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Triwulan I Tahun 2024 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan.

Menurut Sultan, pengelolaan sampah ini membutuhkan komitmen bersama.

"Kami sendiri di provinsi tidak mengurusi masalah sampah. Jadi, bagi saya berilah kesempatan bagi kabupaten/kota. Kalau misalnya menabrak, kan bisa berpikir untuk mencari jalan keluar," kata Sri Sultan, Selasa (7/5).

Raja Keraton Yogyakarta tersebut mengatakan dengan komitmen tersebut pejabat daerah bisa menemukan sendiri teknologi pengelolaan sampah yang paling cocok di tempatnya.

Lebih lanjut, ia berharap kabupaten/kota memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran mengelola sampah secara mandiri.

"Kalau pengelolaan sampah butuh sampah yang sudah dipilah-pilah, tentu masyarakat juga harus diedukasi karena kalau pas diangkat dicampur lagi, ya, percuma," katanya.

Selain itu, edukasi ini disebut juga perlu melibatkan para pekerja pengangkut sampah. (mcr25/jpnn)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pejabat di kabupaten/kota berkomitmen mengelola sampah.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia