Volume Sampah di Gunungkidul Meningkat Selama Libur Lebaran 2024

Rabu, 17 April 2024 – 12:19 WIB
Volume Sampah di Gunungkidul Meningkat Selama Libur Lebaran 2024 - JPNN.com Jogja
TPS3R Kemadang di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Volume sampah di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat selama masa libur Lebaran 2024.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul mencatat ada kenaikan volume sampah sebesar 10 persen. Sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wukirsari mencapai 158 ton pascalebaran 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan mereka telah mengerahkan 48 armada untuk mengangkut tumpukan 158 ton sampah tersebut.

Sampah yang dihasilkan selama libur Lebaran 2024 beragam, mulai dari sampah dari rumah tangga, sampah di pasar dan objek wisata.

Harry memastikan bahwa selama libur lebaran armada tidak berhenti beroperasi untuk mencegah penumpukan-penumpukan sampah di lingkungan masyarakat.

Selain itu, Pemkab Gunungkidul juga mengeluarkan kebijakan Gerakan Idulfitri tanpa Sampah sangat efektif dan dapat diterapkan masyarakat.

"Dengan kebijakan itu dan bergeraknya armada setiap hari, penumpukan sampah dapat teratasi. Ditambah lagi dengan berkurangnya volume sampah yang ada di sekolah dan kantor-kantor saat cuti bersama," katanya.

Lebih lanjut, Harry mengatakan Gerakan Idulfitri Tanpa Sampah juga sangat efektif pada pelaksanaan ibadah salat Idulfitri 1445 Hijriah. Sampah di lokasi pelaksanaan ibadah sangat minim. Menurutnya, warga bersama PHBI turut andil dalam menjaga kebersihan.

Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul mencatat ada kenaikan volume sampah selama libur Lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News