Larangan Study Tour Bikin Khawatir Kadispar DIY

Kamis, 23 Mei 2024 – 18:55 WIB
Larangan Study Tour Bikin Khawatir Kadispar DIY - JPNN.com Jogja
Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo cukup khawatir dengan kebijakan daerah lain soal larangan study tour. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah daerah mempertegas larangan dan membatasi kegiatan study tour pascakecelakaan bus SMK Lingga Kencana beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo cukup khawatir dengan adanya larangan tersebut.

Hal ini mengingat DIY sebagai salah satu tujuan favorit study tour sekolah dari berbagai daerah.

"Kekhawatiran itu pasti ada ya karena akan mengurangi (kunjungan), tetapi kalau dilihat dari sisi animo ke Jogja saya kira cukup bagus ya," kata Singgih, Rabu (22/5).

Ia berharap ke depannya ada respons lewat rambu-rambu yang dibuat terkait keselamatan study tour di daerah-daerah, terutama di DIY.

"Karena anak-anak juga pasti mendapatkan manfaatnya kan. Kalau ke kota mereka bisa ke Taman Pintar, mereka bisa membandingkan apa yang dipelajari dengan yang ada di wahana," katanya.

Pembelajaran di luar menurutnya sangat baik bagi seorang pelajar untuk mendapatkan pengalaman.

DIY sendiri tidak melarang sekolah di daerahnya melakukan study tour. Namun, dinas terkait akan lebih memperketat aturan perjalanan karyawisata tersebut. (mcr25/jpnn)

Sejumlah daerah melarang study tour yang dikhawatirkan berdampak pada animo kunjungan ke Yogyakarta.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News