Winongo Jogja River Festival, Cara Masyarakat Jogja Menjaga Ekosistem Sungai

Senin, 22 Juli 2024 – 09:45 WIB
Winongo Jogja River Festival, Cara Masyarakat Jogja Menjaga Ekosistem Sungai - JPNN.com Jogja
Lomba tradisional di even Winongo Jogja River Festival pada Sabtu (20/7). Foto: Humas Pemkot Jogja

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Jogja punya cara tersendiri dalam menjaga kelestarian sungai.

Salah satu upaya tersebut ditunjukkan dengan menggelar Winongo Jogja River Festival.

Festival tahun kedua itu dimulai dengan acara merti kali, kemudian dimeriahkan dengan makan bareng nasi kenduri, kirab gunungan hasil bumi, lomba tradisional hingga pentas seni.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono berharap Winongo Jogja River Festival berdampak positif bagi lingkungan. 

"Kami berharap kegiatan ini juga menjadi bagian dari menjaga ekosistem sungai agar tetap lestari, dengan mengangkat kearifan lokal, sekaligus mengembangkan ekonomi kreatif, melalui berbagai kegiatan seni budaya dan pemberdayaan masyarakat," kata Yunianto.

Ketua Forum Komunikasi Winongo Asri Purnomo mengatakan sebelumnya masyarakat sekitar bantaran sungai masih kurang memedulikan lingkungannya.

"Ketika ada festival ini otomatis masyarakat juga ingin terlibat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai karena di masa sebelumnya memang masih ada masyarakat di kawasan bantaran sungai yang membuang sampah sembarangan," ujarnya. 

Selain itu, Winongo Jogja River Festival diharapkan sebagai salah satu daya tarik wisatawan. (mcr25/jpnn)

Winongo Jogja River Festival memasuki tahun kedua yang dimeriahkan dengan acara kirab, makan bersama nasi kenduri hingga kirab gunungan hasil bumi.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia