Ada Lebih dari Seribu Kecelakaan di Bantul dalam 7 Bulan, 84 Meninggal

Selasa, 30 Juli 2024 – 17:20 WIB
Ada Lebih dari Seribu Kecelakaan di Bantul dalam 7 Bulan, 84 Meninggal - JPNN.com Jogja
Truk mengalami kecelakaan di bawah Bukit Bego, Imogiri, Bantul pada Rabu (18/10). Foto: Humas Polres Bantul

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam tujuh bulan terakhir mencapai 1.115 kejadian.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta mengatakan kecelakaan itu terjadi sejak Januari hingga Juli 2024.

"Dari 1.115 kejadian tersebut berakibat 84 korban meninggal, 1.381 korban luka ringan, dan kerugian materiel mencapai Rp 545 juta," katanya pada Selasa (30/7).

Jika mengacu pada jumlah kecelakaan sepanjang 2023 yang mencapai 2.020 kejadian, angka tersebut sudah mencapai 50 persen.

Menurut Kapolres, mayoritas penyebab kecelakaan adalah faktor kelalaian pengendara atau human error.

"Saat ini, human error masih menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Misalnya, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, tidak fokus dalam berkendara, maupun adanya pelanggaran lalu lintas lainnya," katanya.

Dia juga mengatakan termasuk tingginya angka kecelakaan lalu lintas di ruas jalur Imogiri-Dlingo Bantul, juga disebabkan kelalaian manusia diantaranya karena pengemudi atau sopir yang belum menguasai medan jalan.

Oleh karena itu, Michael mengajak masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan berkendara.

Lebih dari seribu kecelakaan lalu lintas terjadi di Kabupaten Bantul selama tujuh bulan terakhir. Ini penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News