Pantai Wediombo akan Jadi Kawasan Konservasi Terumbu Karang

Selasa, 20 Agustus 2024 – 14:33 WIB
Pantai Wediombo akan Jadi Kawasan Konservasi Terumbu Karang - JPNN.com Jogja
Kawasan Pantai Wediombo di Gunungkidul. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pantai Wediombo di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang diusulkan menjadi kawasan konservasi terumbu karang.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY saat ini sedang menunggu verifikasi teknis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan DKP DIY Veronica Vony Rorong mengatakan harus ada verifikasi teknis dari KKP sebelum Pantai Wediombo ditetapkan sebagai kawasan konservasi terumbu karang.

Menurut Veronica, dokumen pengusulan penetapan kawasan konservasi terumbu karang di Pantai Wediombo telah diajukan DKP DIY ke KPP RI.

Kawasan terumbu karang yang diusulkan untuk zona konservasi memiliki luas kurang lebih 4.400 hektare.

"Setelah itu nanti yang memverifikasi teknis dari berbagai subdit KKP dan yang terakhir dari biro hukum," ujar dia pada Selasa (20/8).

Pengusulan penetapan kawasan konservasi terumbu karang tersebut, kata dia, diharapkan mampu mendukung program ekonomi biru yang dicanangkan pemerintah.

Berdasarkan kajian DKP DIY, jelas Veronica, Pantai Wediombo memiliki kekayaan ekosistem terumbu karang yang masih dalam kondisi baik dan dapat dipelihara.

Pemerintah DIY sedang mengusulkan Pantai Wediombo menjadi kawasan konservasi terumbu karang. Nantinya, ada kawasan yang tidak bisa digunakan untuk wisata.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia