Sebegini Jumlah Kunjungan Wisata di Bantul dalam 8 Bulan Terakhir

Kamis, 05 September 2024 – 19:15 WIB
Sebegini Jumlah Kunjungan Wisata di Bantul dalam 8 Bulan Terakhir - JPNN.com Jogja
Biaya tiket masuk ke Pantai Parangtritis batal naik. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia.

Setiap tahunnya ada jutaan orang yang melancong ke Bantul untuk menikmati pantai, kawasan perbukitan, goa atau tempat-tempat kesenian lainnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, selama delapan bulan terakhir ada 1,6 juta wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Subkoordinator Kelompok Subtansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan sejak Januari hingga Agustus 2024 jumlah kunjungan wisata di Bantul mencapai 1.674.576 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 20,5 miliar.

Menurut dia, realisasi kunjungan wisatawan dan perolehan PAD dari penarikan retribusi masuk semua objek wisata tersebut masih belum mencapai 50 persen dari target PAD sektor pariwisata yang sebesar Rp 49 miliar selama setahun.

"Terealisasi sebesar 41,94 persen dari target PAD setahun yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Menurut Markus, kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Bantul, kemudian disusul pantai selatan sisi barat yaitu Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Baru, kemudian wisata alam Gua Cerme dan Gua Selarong.

Dia juga mengatakan rata rata kunjungan wisatawan ke Bantul setiap bulan sekitar 100 ribu sampai 200 ribu orang.

Dinas Pariwisata Bantul mencatat ada lebih dari sejuta orang yang berkunjung ke kawasan wisata dalam delapan bulan terakhir.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News