Dataran Tinggi Dieng Diusulkan Menjadi Taman Bumi Nasional

Senin, 09 September 2024 – 13:42 WIB
Dataran Tinggi Dieng Diusulkan Menjadi Taman Bumi Nasional - JPNN.com Jogja
Dataran Tinggi Dieng. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dataran Tinggi Dieng yang ada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, diusulkan agar bisa menjadi Taman Bumi Nasional.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Pri Utami mengatakan di dataran tinggi Dieng orang bisa belajar tentang bagaimana proses hidrotermal bumi yang membentuk sumber energi terbarukan.

“Saya kira pentingnya ilmu geologi untuk mentransformasikan legenda-legenda tentang panas bumi di Dieng menjadi penjelasan ilmiah. Hal tersebut merupakan penghormatan terhadap nenek moyang yang telah mengemas nilai-nilai pelestarian lingkungan di Dieng jauh sebelum ilmu dan teknologi panas bumi berkembang,” kata Pri Utami, dikutip dari laman resmi UGM.

Pri Utami mengatakan mahasiswa Teknik Geologi UGM telah berkunjung ke wilayah kerja panas bumi Dieng pada Sabtu (7/9) lalu untuk mempelajari kondisi geologi, tempat dimana satu-satunya lapangan panas bumi yang telah beroperasi di Jawa Tengah.

“Mahasiswa juga melihat peluang efisiensi pemanfaatan energi panas bumi dan perlunya pembenahan tata guna lahan di area panas bumi yang juga telah menjadi tujuan wisata dan perkebunan tanaman pangan,” ucapnya.

Usulan agar dataran tinggi Dieng dijadikan Taman Bumi Nasional juga muncul dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di GDE Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah pada Selasa (3/9).

FGD itu diikuti oleh perwakilan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku industri pariwisata, pelaku industri panas bumi, akademisi dan tokoh masyarakat.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Yudistian Yunis mengatakan semua pihak perlu berkolaborasi untuk menciptakan kemandirian energi dan aktivitas perekonomian lokal yang berwawasan lingkungan, misalnya melalui pariwisata dan pertanian berbasis panas bumi.D

Berbagai pihak mengusulkan agar dataran tinggi Dieng menjadi Taman Bumi Nasional. Apa fungsinya?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News