512 Peserta Berebut Piala Wali Kota Jogja dalam Lomba Kicau Burung

Senin, 21 Oktober 2024 – 22:15 WIB
512 Peserta Berebut Piala Wali Kota Jogja dalam Lomba Kicau Burung - JPNN.com Jogja
Salah satu jenis burung yang mengikuti Lomba Burung Berkicau Piala Wali Kota Yogyakarta ke-11. Foto: Humas Pemkot Jogja

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ratusan peserta memperebutkan Piala Wali Kota Yogyakarta dalam lomba kicau burung pada Minggu (20/10).

Lomba yang terselenggara untuk kesebelas kalinya ini merupakan kolaborasi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI).

Adapun jenis burung kicau yang dilombakan, yaitu Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Cendet, Kenari, Cucak Rowo hingga Anis Merah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan lomba tersebut sebagai upaya pelestarian burung dari kepunahan.

“Lomba ini sebagai sarana para pencinta burung berkicau untuk berkompetisi sekaligus mempererat tali persaudaraan. Menambah semangat melestarikan burung-burung lokal dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Sugeng. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sukidi menyebut peserta yang mengikuti Lomba Burung Berkicau Piala Wali Kota Yogyakarta sebanyak 512 orang.

Peserta tersebut dari berbagai wilayah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa dari Provinsi Jawa Tengah. 

“Lomba ini juga menjadi bagian dari komitmen bersama untuk mendukung kegiatan yang tidak hanya mengangkat nilai pelestarian, tetapi juga berpotensi mendongkrak perekonomian masyarakat. Terutama peternak burung, pengrajin sangkar, pedagang pakan, serta kelompok ternak binaan Dinas Pertanian dan Pangan,” kata Sukidi. (mcr25/jpnn)

Sebanyak 512 peserta dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah memeriahkan lomba kicau burung piala wali kota Jogja.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News