Kesempatan Kerja Terbatas, Banyak Warga Jogja Ingin Ikut Transmigrasi

Jumat, 25 Oktober 2024 – 11:05 WIB
Kesempatan Kerja Terbatas, Banyak Warga Jogja Ingin Ikut Transmigrasi - JPNN.com Jogja
Wilayah transmigrasi. Foto: source for JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Animo masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengikuti program transmigrasi sangat tinggi.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY mencatat sebanyak 242 animo masyarakat dan 131 di antaranya melakukan pendaftaran program transmigrasi tahun ini.

Kepala Bidang Pelindungan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans DIY Elly Supriyanti mengatakan hanya 16 keluarga (KK) yang diterima tahun ini untuk mengikuti program transmigrasi.

Mereka berasal dari Kota Jogja empat KK, Sleman empat KK, Bantul empat KK, Kulon Progo dua KK dan Gunungkidul dua KK.

Peserta transmigrasi yang lolos seleksi tersebut lalu diberi pelatihan dan pembekalan.

"Pembekalannya penguatan fisik dan mental, motivasi serta adaptasi di daerah tujuan penempatan," kata Elly, Kamis (24/10).

Sejumlah 16 KK tersebut akan disebar di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Menurut Elly, ada beberapa faktor pendorong banyak masyarakat DIY memilih mengikuti program transmigrasi.

Disnakertrans DIY mencatat animo yang tinggi dalam program transmigrasi tahun ini. Sedangkan kuota transmigrasi terbatas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News