Mulai Besok PTM di Bantul Hanya Diizinkan 50 Persen, Kecuali...

Minggu, 06 Februari 2022 – 18:35 WIB
Mulai Besok PTM di Bantul Hanya Diizinkan 50 Persen, Kecuali... - JPNN.com Jogja
Pembelajaran tatap muka atau PTM 100 persen di Bantul dihentikan. Ilustrasi/foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya mengeluarkan kebijakan baru tentang pembelajaran tatap muka (PTM) yang hanya diizinkan 50 persen dari kapasitas total.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul tentang Pengaturan PTM Terbatas Semester 2 Tahun 2021/2022 dalam rangka mengantisipasi Penyebaran Covid-19 pada jenjang SMP, SD dan PAUD, serta pendidikan nonformal di Bantul.

"Memperhatikan perkembangan penyebaran Covid-19 di kalangan satuan pendidikan di Bantul, maka PTM terbatas dilaksanakan paling banyak 50 persen kapasitas ruang kelas dengan pengaturan tempat duduk," kata Kepala Dinas Dikpora Bantul Isdarmoko, Minggu (6/2).

Dalam pelaksanaan PTM terbatas, sekolah juga harus mengatur jadwal sif peserta didik seperti pagi-siang, atau sehari masuk/sehari pemberian tugas di rumah, dan mengatur kedatangan peserta didik sesuai sif yang telah ditentukan.

Menurut Isdarmoko, untuk satuan pendidikan dengan jumlah siswa sampai 200 orang dan mampu mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan dengan pengaturan jarak sesuai kapasitas ruang kelas yang dimiliki, diperbolehkan menerapkan PTM 100 persen.

"Bagi peserta didik yang bergejala sakit agar tidak mengikuti PTM terbatas dan apabila ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19, maka kegiatan PTM terbatas harus dihentikan sesuai petunjuk dari Satgas Covid-19," katanya.

Menurut dia, Surat Edaran tersebut berlaku untuk kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas mulai Senin (7/2) sampai dengan ditentukan kebijakan yang lain berdasarkan perkembangan penyebaran Covid-19.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul, total kasus positif di Bantul sejak awal pandemi hingga Sabtu (5/2) sebanyak 57.734 orang, dengan pasien sembuh sebanyak 55.882 orang, sementara kasus konfirmasi meninggal tercatat 1.573 orang.

PTM di kabupaten Bantul mulai besok hanya diizinkan 50 persen dari total kapasitas, tetapi ada pengecualian.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia