UNY Percepat Sosialisasi Penerimaan Calon Maba, Agar Bisa Bantu Siswa Kurang Mampu

Selasa, 28 Desember 2021 – 11:32 WIB
UNY Percepat Sosialisasi Penerimaan Calon Maba, Agar Bisa Bantu Siswa Kurang Mampu - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: UNY Percepat sosialisasi untuk calon Maba. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA -  

Penerimaan calon mahasiswa baru (Maba) di Perguruan Tinggi masih akan berlangsung enam bulan ke depan. 

Tetapi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ingin mempercepat proses sosialisasi ke beberapa sekolah menengah atas di Yogyakarta. 

Tujuannya, agar berbagai kendala yang selama ini sering terjadi pada siswa saat ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, bisa teratasi. 

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana mendorong agar Kepala Sekolah di SMA, SMK, serta MA agar lebih awal mempersiapkan siswa-siswinya mengikuti seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri. 

"Kepala sekolah sebagai 'talang atur' sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, harus mempersiapkan diri lebih awal, baik secara akademik ataupun hal-hal lainnya," kata saat Margana, Senin (27/12).

Sosialisasi yang dilakukan lebih awal, akan bisa membantu siswa dan orang tua siswa untuk mempersiapkan diri melanjutkan studi. 

UNY, kata Margana, berkomitmen untuk membantu siswa yang memiliki kendala secara perekonomian melalui program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

UNY telah mempercepat proses sosialisasi penerimaan Maba di beberapa Sekolah menengah atas, agar berbagai kendala bisa teratasi.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News