Tugas Baru Guru-Guru di Sleman, Jadi Agen Penegakan Protokol Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 – 20:30 WIB
Tugas Baru Guru-Guru di Sleman, Jadi Agen Penegakan Protokol Kesehatan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tugas baru guru-guru di Sleman. Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di sekolah saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, guru-guru di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini punya tugas baru. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mewajibkan seluruh guru sekolah, terutama jenjang TK hingga SMP, untuk menjadi agen penegakan protokol kesehatan Covid-19.

"Seluruh guru TK hingga SMP, termasuk tenaga pendidikan diwajibkan untuk menjadi agen penegakan protokol kesehatan (prokes) Civid-19 di lingkungan sekolah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana, Selasa (18/1).

Sebagai agen penerapan prokes, para guru harus selalu mengingatkan siswa untuk selalu disiplin saat proses PTM di sekolah.

"Guru harus datang ke sekolah lebih awal, sebelum siswa tiba di sekolah dan mempersiapkan semua keperluan untuk prokes di sekolah. Termasuk mengawasi disiplin prokes para siswa saat datang, mengikuti proses pembelajaran hingga siswa dijemput orang tua saat pulang sekolah," katanya.

Ia mengatakan upaya tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron pada saat pemberlakuan PTM 100 persen.

"Karena cara paling efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan vaksinasi dan disiplin penegakan prokes," katanya.

Ery mengatakan dalam uji coba PTM terbatas selama dua pekan sejak 3 Januari 2022, hasilnya cukup bagus dan semua sekolah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar operasional prosedur (COP) protokol kesehatan. 

Guru-guru di Kabupaten Sleman kini ditampik sebagai agen penerapan Prokes di sekolah, ini tugas-tugasnya.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News