Lengkap, Begini Penjelasan Presiden Jokowi tentang Imbauan Melepas Masker

Selasa, 17 Mei 2022 – 21:30 WIB
Lengkap, Begini Penjelasan Presiden Jokowi tentang Imbauan Melepas Masker - JPNN.com Jogja
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan mengenai kebijakan kelonggaran memakai masker. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah pusat memutuskan untuk terus melonggarkan protokol kesehatan masyakat karena menilai pandemi Covid-19 semakin terkendali.

Terbaru, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan imbauan atau memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker di luar ruangan atau tempat terbuka.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa keputusan ini telah dipikirkan oleh pemerintah dan mempertimbangkan situasi terkini.

Pemerintah memang berencana untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Presiden Jokowi, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Namun, lanjut Jokowi, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik masyarakat tetap harus menggunakan masker.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ujar Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi kembali menegaskan aturan tentang pelaku perjalanan yang sudah menyelesaikan vaksinasi dosis lengkap, tidak perlu lagi menyertakan tes swab PCR atau antigen. (mar3/jpnn)

Presiden Jokowi akhirnya memperbolehkan masyarakat untuk melepas maske di ruangan terbuka. Berikut penjelasan lengkap Presiden Jokowi.

Redaktur & Reporter : Januardi Husin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News