Sampel Probable Omicron di Yogyakarta Melonjak, Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Menyebar

Rabu, 09 Februari 2022 – 09:30 WIB
Sampel Probable Omicron di Yogyakarta Melonjak, Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Menyebar - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: sampel Covid-19 varian omicron (Foto: Pixabay)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sampel pasien Covid-19 probable Omicron di Kota Yogyakarta semakin banyak ditemukan dalam sepekan terakhir.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19  Kota Yogyakarta menyatakan telah menemukan 46 kasus baru probable Omicron berdasarkan pengujian dengan metode S-gene Target Failure (SGTF).

Jumlah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan temuan pada bulan lalu, yang hanya terdapat empat kasus probable Omicron di Yogyakarta.

"Sampel yang dinyatakan probable tersebut kemudian dilakukan pengujian lanjutan dengan metode whole genome sequencing (WGS) untuk penegakan diagnosa. Namun, hasilnya belum keluar," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Selasa (8/2).

Menurut dia tidak semua sampel yang dinyatakan probable Omicron tersebut berasal dari pasien warga Kota Yogyakarta, tetapi ada juga warga dari luar daerah.

"Karena melakukan pemeriksaan Covid-19 di Kota Yogyakarta dan kemudian dinyatakan positif, maka kasusnya kemudian tercatat di Yogyakarta," katanya.

Jika dibanding pekan sebelumnya, ia menyebut temuan sampel yang dinyatakan probable Omicron mengalami peningkatan pada awal Februari.

Pada pekan terakhir Januari, hanya ditemukan empat sampel yang dinyatakan probable Omicron dari pengujian SGTF.

Sampel pasien Covid-19 probable Omicron semakin banyak ditemukan di Yogyakarta. Varian baru itu diduga kuat memang sudah menyebar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News