Menjadikan Hari Lahir Pancasila Agar Tidak Sekadar Seremonial

Kamis, 02 Juni 2022 – 10:15 WIB
Menjadikan Hari Lahir Pancasila Agar Tidak Sekadar Seremonial - JPNN.com Jogja
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto. Foto: Humas DPRD DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni menjadi momentum penting dalam setiap sendi penyelenggaraan pemerintahan. 

Menurut Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, praktik penyelenggaraan negara dalam program pembangunan harus berorientasi pada ideologi Pancasila. 

"Pancasila harus menjadi pedoman penyusunan APBN dan APBD untuk kemakmuran rakyat. Momentun peringatan hari lahir Pancasila semoga bukan sekedar rangkaian seremonial, tetapi harus mewujud dalam kerja nyata membawa rakyat Indonesia lebih sejahtera lewat perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan di Tanah Air," kata Eko.

Lebih lanjut, Eko mengajak seluruh elemen penyelenggara pemerintahan untuk selalu berpegang pada ideologi negara yaitu Pancasila. 

"Praktik nyata dari pelaksanaan cita-cita Bung Karno sebagai inisiator Pancasila harus terwujud dalam kerja konkret penyelenggaraan pembangunan Indonesia," imbuhnya. 

Pada hari peringatan lahir Pancasila tahun ini, ia berharap adanya komitmen bersama untuk membawa rakyat adil dan makmur.

"Hidup sejahtera kita wujudkan dalam tiap sendi kehidupan berbangsa," kata kader PDI Perjuangan tersebut.

Eko menambahkan bahwa di DIY terdapat Perda 1 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. 

Momentum Hari Pancasila diharapkan tidak hanya sekadar seremonial belaka. Harus ada praktik dalam setiap sendi penyelenggaraan negara.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia