Sultan HB X Akan Dilantik Hari Ini, Anggota Dewan Punya Permintaan

Senin, 10 Oktober 2022 – 10:01 WIB
Sultan HB X Akan Dilantik Hari Ini, Anggota Dewan Punya Permintaan - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masa jabatan 2022-2027 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat hari ini, Senin (10/10).

Setelah resmi menjabat untuk lima tahun ke depan, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta Sultan HB X lebih serius untuk menjadikan desa atau kelurahan sebagai pusat pelayanan publik.

Salah satu yang mendesak untuk dilakukan adalah mengalokasikan dana Rp 1 miliar untuk masing-masing desa di DIY.

Eko ingin agar desa benar-benar bisa menjadi pusat pelayanan, pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pengembangan kebudayaan.

Menurut dia, optimalisasi pembangunan di kelurahan merupakan satu dari sepuluh poin harapan masyarakat yang dihimpun berdasarkan penjaringan masukan terkait kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027.

Poin berikutnya, lanjut Eko, pemerintah daerah diminta untuk memaksimalkan akses terhadap pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial dan penanggulangan bencana. Percepatan pembangunan di wilayah perbatasan juga diminta untuk dikebut.

"Perlu pemenuhan akses teknologi informasi dan literasi di kelurahan guna mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat dan ekonomi kreatif," ucap Eko.

Masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial di Jogja juga perlu untuk segera diselesaikan, termasuk akses pelayanan publik untuk kelompok disabilitas.

Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X akan dilantik hari ini di Jakarta. Anggota DPRD DIY Eko Suwanto meminta sesuatu tentang pengembangan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News