Gunung Merapi Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada

Senin, 06 Desember 2021 – 01:00 WIB
Gunung Merapi Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada - JPNN.com Jogja
Dokumen - Gunung Merapi di DIY dan Jawa Tengah berstatus Siaga, warga diminta waspada. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah saat ini berstatus Siaga. Warga yang beraktivitas di sekitar lereng diminta waspada.

Menyusul erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, yang terjadi secara tiba-tiba dan menelan banyak korban, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) terus memberikan informasi situasi terkini tentang aktivitas Gunung Merapi.

Berdasarkan pantauan BPPTKG pada Minggu (5/12) pukul 12.00 - 18.00 WIB, Gunung Merapi kini berada pada level III atau Siaga.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya mengatakan, pantauan cuaca di sekitar Gunung Merapi tampak mendung.

"Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat. Suhu udara 16-23 °C, kelembaban udara 66-91 persen dan tekanan udara 568-716 mmHg," kata Hanik.

Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2968 mdpl, pada Minggu siang hingga sore terpantau mengeluarkan guguran sebanyak 44 kali dengan Amplitudo 4-29 mm yang berdurasi 23.5-132.2 detik.

Selain itu, juga terjadi hembusan satu kali dengan Amplitudo 3 mm yang berdurasi 14.6 detik.

"Terdengar suara guguran 2 kali dari Pos babadan intensitas sedang," ujar Hanik.

BPPTKG memberikan informasi terkini tentang Gunung Merapi di DIY dan Jawa Tengah yang berstatus siaga, sehingga warga sekitar diminta wasapda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News