Tingginya Aktivitas Kegempaan Gunung Merapi Pekan Ini, Ada Banjir Lahar Dingin

Minggu, 06 Februari 2022 – 09:02 WIB
Tingginya Aktivitas Kegempaan Gunung Merapi Pekan Ini, Ada Banjir Lahar Dingin - JPNN.com Jogja
Pantauan aktivitas di Gunung Merapi (Foto: Dok. BPPTKG)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Gunung Merapi pada pekan ini, mulai tanggal 28 Januari - 3 Februari 2022.

Gunung Merapi yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah saat ini masih berstatus Level III atau Siaga.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, dalam sepekan Gunung Merapi telah 143 kali meluncurkan guguran lava dengan jarak yang relatif jauh.

"Guguran lava teramati sebanyak 133 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer dan satu kali guguran lava ke arah barat laut hulu Sungai Apu dan Trising dengan jarak luncur 300 meter," kata Hanik Humaida dalam keterangan resminya di Yogyakarta pada Sabtu (5/2).

Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitas kegempaan selama sepekan terakhir. Hujan lebat di puncak merapi sempat menyebabkan banjir lahar dingin.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News