Sah, Sri Sultan HB X Umumkan Omicron Telah Masuk DIY, Sebegini Jumlahnya

Kamis, 10 Februari 2022 – 19:11 WIB
Sah, Sri Sultan HB X Umumkan Omicron Telah Masuk DIY, Sebegini Jumlahnya - JPNN.com Jogja
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kasus Covid-19 varian Omicron akhirnya benar-benar diumumkan telah menyebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di bangsal Kepatihan pada Kamis (10/2). 

Sultan mengatakan, saat ini ada 73 sampel kasus Covid-19 yang terkonfirmasi positif Omicron.

Sampel terkonfirmasi positif Omicron itu berdasarkan hasil Whole Genome Squencing (WGS) di Laboratorium FKKMK UGM dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

"Ada yang positif Omicron 73 dari 83 sampel yang diperiksa," kata Sultan HB X.

Sultan mengaku tidak mengetahui identitas atau alamat orang yang sampelnya terkonfirmasi positif Omicron tersebut.

Meski demikian, menurut dia, sebagian besar sampel itu berasal dari pelaku perjalanan atau wisatawan yang melakukan pemeriksaan usap (swab) secara mandiri sebelum pulang ke daerah asal.

"Ini kan wisatawan yang ke Yogya, mereka sebelum pulang mengambil inisiatif untuk tracing di rumah sakit atau klinik di Yogya. Begitu diambil darahnya dia pulang ke daerahnya. Nah, ternyata setelah sampel itu diproses di UGM dan ??????BBTKLPP ternyata ada yang Omicron 73," katanya.

Kasus Covid-19 varian Omicron akhirnya benar-benar terkonfirmasi telah masuk dan menyebar di DIY. Sebegini Jumlah sampel yang positif Omicron.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia