Harapan Sultan HB X Setelah Candi Menjadi Tempat Ibadah

Jumat, 11 Februari 2022 – 22:13 WIB
Harapan Sultan HB X Setelah Candi Menjadi Tempat Ibadah  - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Empat candi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah akhirnya akan menjadi tempat ibadah, selain tempat wisata, budaya, dan pendidikan. 

Keempat candi itu adalah Candi Prambanan di DIY, serta Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut di Jawa Tengah.

Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemprov DIY dan Pemprov Jateng telah menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) mengenai pemanfaatan empat candi itu sebagai tempat ibadah umat Hindu dan Buddha dari seluruh dunia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan kesepakatan pemanfaatan empat candi sebagai tempat ibadah menjadi semangat terwujudnya moderasi beragama, kohesi sosial, serta kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Menurut Raja Keraton Yogyakarta ini, pemanfaatan Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon untuk tujuan keagamaan akan berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs tersebut.

Dengan demikian, masyarakat yang berkunjung tidak sekadar melihat aspek keindahan candi namun juga kegiatan peribadatan yang dilakukan oleh umat Hindu dan Buddha.

"Pemanfaatan dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek pelestarian cagar budaya dan nilai-nilainya serta tidak bertentangan dengan regulasi baik dari Pemerintah Indonesia maupun UNESCO," kata Sultan.

Bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sultan sepakat memfasilitasi tindak lanjut dari pemanfaatan candi tersebut.

Empat candi yang berada di DIY dan Jawa Tengah akan segera menjadi tempat ibadah umat Hindu dan Buddha. Begini harapan Sultan HB X.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News