Momentum Nyepi, Begini Harapan Kankemenag Kulon Progo

Jumat, 04 Maret 2022 – 16:30 WIB
Momentum Nyepi, Begini Harapan Kankemenag Kulon Progo - JPNN.com Jogja
Ilustrasi umat Hindu merayakan Nyepi. Foto: dok. JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Umat Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah merayakan Hari Raya Nyepi meskipun dalam suasana pandemi pada Kamis (3/3).

Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo Wahib Jamil berharap perayaan Nyepi tahun ini bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan moderasi beragama.

"Hal tersebut sesuai dengan tema perayaan Nyepi tahun ini, yaitu Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi Dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh," tuturnya.

Wahib Jamil menyebut dalam beragama bukan hanya sekadar berhubungan dengan Tuhan, melainkan juga dengan sesama manusia dan alam semesta.

"Dalam beragama seseorang harus moderat. Adapun indikatornya meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan tidak membenturkan agama dengan budaya dan tradisi," jelasnya.

Ia berharap kerukunan antar umat beragama yang telah terjalin baik, bisa terus ditingkatkan.

Hal tersebut, lanjutnya, selaras dengan program pemerintah yang mewacanakan 2022 sebagai Tahun Toleransi.

"Semua agama semestinya dapat mendukung program pemerintah tersebut," pungkasnya. (mcr25/jpnn)

Nyepi tahun ini diharapkan oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo Wahib Jamil sebagai momentum untuk meningkatkan moderasi beragama.

Redaktur : Januardi
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News