Mulai Sekarang Jangan Coba-Coba Melanggar Prokes di Yogyakarta, Bisa Kena Sanksi Pidana

Kamis, 10 Maret 2022 – 10:50 WIB
Mulai Sekarang Jangan Coba-Coba Melanggar Prokes di Yogyakarta, Bisa Kena Sanksi Pidana - JPNN.com Jogja
Satpol PP DIY menemukan banyak wisatawan malas memakai masker. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat, wisatawan, atau pelaku usaha di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harus siap-siap dengan penegakan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Pemerintah DIY melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan mengawasi setiap aktivitas masyarakat untuk memastikan penerapan protokol kesehatan, terutama saat PPKM level 4.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan pihaknya kini sudah memiliki Peraturan Daerah DIY Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur sanksi pidana bagi pelanggar prokes.

Dia mengatakan petugas memiliki beberapa opsi sanksi terhadap pelanggar prokes, seperti teguran lisan, denda administratif, atau kerja sosial.

"Jika sudah kena (sanksi) sekali, yang keduanya langsung kami masukkan ke pengadilan," kata dia saat dihubungi pada Rabu (9/3).

Noviar mengatakan selain berlaku untuk penduduk DIY, sanksi tersebut juga berlaku untuk wisatawan atau pengunjung yang ditemukan melanggar prokes.

"Sama saja. Baik penduduk luar maupun penduduk DIY kalau nanti ketemu di Yogyakarta ya tetap diberi sanksi," kata dia.

Untuk menegakkan aturan itu, Satpol PP DIY akan mengerahkan 140 personel setiap hari.

Masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta harus lebih taat prokes. Jika tidak, ada sanksi pidana yang bisa dikenakan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia