Mobil Garuda EV-22 UNY Siap Bersaing di FESC IIMS 2022, Lihat Kemampuan Spesial yang Dimiliki

Rabu, 16 Maret 2022 – 17:50 WIB
Mobil Garuda EV-22 UNY Siap Bersaing di FESC IIMS 2022, Lihat Kemampuan Spesial yang Dimiliki - JPNN.com Jogja
Mobil Garuda EV-22 Universitas Negeri Yogyakarta. Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tim Garuda UNY dengan mobil formula elektrik yang diberi nama Garuda Electric Vehicle-22 (Garuda EV-22) akan berlaga di ajang Formula Electric Student Competition Indonesia Internasional Motor Show (FESC IIMS) 2022 pada April mendatang.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sendiri mengembangkan Garuda EV-22 dengan mengedepankan aspek keamanan sekaligus ramah lingkungan. 

"Garuda EV-22 dilengkapi dengan 5-point seatbelt untuk memastikan keamanan pengemudi di track," kata Manajer Tim Kesit Bayu Purnomo. 

Ia menambahkan bahwa pada sistem kelistrikan digunakan catu daya HVTS dan LVIS guna memastikan setiap komponen mendapatkan tegangan sesuai kapasitasnya.

Di samping itu, untuk memastikan kenyamanan pengemudi, kendaraan dirancang dengan ergonomic diversifikasi seat.

Kemudian, adjustable pedal box dirancang menyesuaikan kebutuhan fisik pengemudi. 

Mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Otomotif itu mengatakan mobil ini dilengkapi dengan steering wheel yang mempertimbangkan aspek ergonomi guna mengurangi beban steering.

"Berbeda dengan mobil gokart pada umumnya, Garuda EV-22 dilengkapi dengan suspensi tipe double wishbone sehingga getaran dan kejutan yang dihasilkan sangat minim," imbuhnya. 

Tim Garuda UNY dengan mobil formula elektrik Garuda EV-22 mempunyai target tinggi di ajang FESC IIMS 2022. Kemampuannya tak main-main.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News