Demi Sejumlah Agenda Penting, Sekolah di Bantul Terapkan PTM 50 Persen

Jumat, 18 Maret 2022 – 08:24 WIB
Demi Sejumlah Agenda Penting, Sekolah di Bantul Terapkan PTM 50 Persen - JPNN.com Jogja
Pemkab Bantul hanya izinkan PTM 50 Persen. Ilustrasi: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa tetap menerapkan pembelajaran tatap maka (PTM) meskipun kasus Covid-19 masih cukup tinggi dan DIY menerapkan PPKM Level 4.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul menyetujui PTM dengan syarat 50 persen dari kapasitas dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko mengatakan penerapan PTM 50 persen tersebut dilakukan karena ada beberapa agenda penting yang akan melibatkan sekolah dan siswa.

"Kami memang mengupayakan untuk sekolah-sekolah yang tidak ada masalah dan tidak ada kasus Covid-19 agar tetap PTM 50 persen, mengingat banyak agenda yang harus kami siapkan," kata Isdarmoko.

Dia mengatakan akan ada sejumlah agenda penting, seperti ujian sekolah, Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), dan AN (asesmen nasional).

PTM sangat diperlukan agar para siswa bisa mempersiapkan diri.

"Apalagi, juga ada PISA (Program for International Student Assessment/program penilaian pelajar internasional) pada tahun ini. Nanti ada beberapa sekolah yang jadi sampel sehingga harus disiapkan dan harus PTM walaupun 50 persen," katanya.

Dia mengatakan secara teknis model PTM 50 persen itu adalah dengan membagi jam pelajaran dalam dua sif, yaitu sif pagi dan siang sehingga seluruh siswa diupayakan bisa mengikuti pembelajaran luar jaringan (luring) tersebut.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul tetap menerapkan PTM 50 persen karena ada sejumlah agenda penting yang harus disiapkan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia