Kenali 4 Faktor yang Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesehatan Anda

Minggu, 20 Maret 2022 – 19:01 WIB
Kenali 4 Faktor yang Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesehatan Anda - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Fakta penentu kesehatan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang kehilangan kebahagiaan karena musibah ini berlangsung begitu lama. 

Ada mereka yang berduka ditinggal orang-orang terdekat, ada pula yang menderita karena harus mengubah kebiasaan dalam beraktivitas. 

Ternyata, tingkat kebahagiaan dapat berpengaruh secara langsung dengan kesehatan fisik seseorang. 

Guru Besar Universitas Airlangga Prof Ririh Yudhastuti menjelaskan kesehatan fisik seseorang sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental dan sosialnya.

Prof Ririh mengatakan setidaknya ada empat faktor yang bisa mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang yang hidup dalam satu kelompok masyarakat. 

Keempat faktor tersebut adalah perilaku/gaya hidup (life style), lingkungan (sosial, ekonomi, politik, budaya), pelayanan kesehatan (jenis cakupan dan kualitasnya) dan faktor genetik (keturunan). 

Keempat faktor tersebut saling berinteraksi sehingga mempengaruhi kesehatan perorangan dan derajat kesehatan di suatu masyarakat. 

Lebih terperinci lagi, derajat kesehatan ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen faktor pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika (keturunan). 

Masyarakat di Yogyakarta perlu mengetahui bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi kualitas kesehatan kita.
Sumber UNY.AC.ID
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News