Waspada, Kasus DBD di Gunungkidul Melonjak, 2 Orang Meninggal Dunia

Selasa, 22 Maret 2022 – 10:15 WIB
Waspada, Kasus DBD di Gunungkidul Melonjak, 2 Orang Meninggal Dunia - JPNN.com Jogja
Kasus DBD di Gunungkidul sedang melonjak. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melonjak tajam pada awal tahun ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mmencatat ada 181 kasus DBD selama Januari sampai dengan Maret 2022. Jumlah tersebut terbilang sangat banyak karena hampir menyamai kasus DBD sepanjang 2021 yakni 189 kasus.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Gunungkidul Diah Prasetyorini menjelaskan perincian kasus DBD setiap bulannya, yaitu Januari 133 kasus, Februari 39 kasus dan Maret 9 kasus.

"Jadi, selama 3 bulan ini sementara mencapai 181 kasus. Dari jumlah tersebut, ada dua kasus yang berujung hingga meninggal dunia. Kedua kasus itu muncul pada bulan yang berbeda," kata Diah.

Ia mengatakan jumlah tersebut hampir menyamai total kasus meninggal akibat DBD pada 2021. Tahun lalu, jumlah kasus meninggal dunia karena DBD adalah tiga orang.

"Pada 2021 lebih rendah dari 2022. Di bulan yang sama, Januari, Februari dan Maret," katanya.

Diah memprediksi jumlah kasus DBD tahun ini bisa melebihi tahun lalu. Memasuki tiga bulan awal saja sudah ada 181 kasus, sedangkan 2021 total ada 189 kasus DBD.

Menurutnya, tingginya kasus DBD pada awal tahun ini karena masih minimnya kesadaran masyarakat akan dalam upaya pencegahan, khususnya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serta pemantauan jentik.

Kasus DBD di Kabupaten Gunungkidul sedang tinggi-tingginya. Pada awal tahun ini sudah dua orang meninggal dunia.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia