Ini Sejumlah Alasan Disdik Gunungkidul Berani Menggelar PTM 100 Persen

Sabtu, 26 Maret 2022 – 09:34 WIB
Ini Sejumlah Alasan Disdik Gunungkidul Berani Menggelar PTM 100 Persen - JPNN.com Jogja
PTM 100 persen. Ilustrasi: Dean Pahrevi/JPNN.com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Dampak dari penurunan PPKM ke level 3, beberapa daerah kini mempertimbangkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh 100 persen.

Di Kabupaten Gunungkidul, pemerintah setempat sedang mempersiapkan skema terbaik untuk pelaksanaan PTM 100 persen.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Gunungkidul Winarno mengatakan saat ini PTM memang masih dilangsungkan secara terbatas 50 persen, tetapi tidak lama lagi akan menjadi 100 persen.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan protokol kesehatan dan meningkatkan komunikasi dengan Satuan Tugas Covid-19 tingkat sekolah untuk persiapan pelaksanaan PTM penuh atau 100 persen," kata Winarno.

Menurut dia, tidak masalah jika Kabupaten Gunungkidul menggelar PTM secara penuh karena penambahan kasus Covid-19 di sana cenderung lebih rendah dari daerah lainnya di DIY.

Saat ini, pelaksanaan PTM 100 persen sedang menunggu instruksi bupati tentang penerapan PPKM level 3.

Selain itu, beberapa pekan terakhir sudah tidak ditemukan kasus Covid-19 di tingkat sekolah sehingga Disdik Gunungkidul yakin bisa menerapkan PTM secara penuh.

Meski demikian, kepastian PTM 100 persen sangat bergantung pada kebijakan bupati sebagai acuan pelaksanaan teknis di sekolah.

Disdik Gunungkidul berencana akan menggelar PTM secara penuh 100 persen. Terdapat sejumlah alasan yang melatarbelakangi rencana tersebut.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News