10 Tempat Vaksinasi Covid-19 di Bantul, Pemudik Silakan Daftar

Sabtu, 30 April 2022 – 13:10 WIB
10 Tempat Vaksinasi Covid-19 di Bantul, Pemudik Silakan Daftar - JPNN.com Jogja
Satgas Covid-19 melaksanakan vaksinasi Booster. lustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul menyediakan layanan bagi pemudik atau wisatawan yang belum melakukan vaksinasi dosis lengkap maupun penguat (booster).

Pemudik yang ingin berkunjung ke sanak keluarga atau keluarga yang ingin dikunjungi oleh pemudik diharapkan terlebih dahulu melakukan vaksinasi Covid-19 agar bisa memperkuat imunitas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul telah menyediakan sepuluh tempat yang bisa dikunjungi oleh masyarakat jika ingin vaksinasi Covid-19 selama libur Lebaran.

"Terkait tempat vaksinasi, kami tidak membuka posko, tetapi menyediakannya di beberapa lokasi fasilitas layanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Rahardjo.

Adapun sepuluh fasyenkes yang menjadi sentra vaksinasi adalah sebagai berikut:

29 April 2022
Puskesmas Bantul 2

30 April 2022
Puskesmas Kasihan 2, Puskesmas Sedayu 2, Puskesmas Bantul 1, RSPAU Hardjolukito, dan RS PKU Muhammadiyah Bantul

4 Mei 2022
Puskesmas Bantul 1

7 Mei 2022
Puskesmas Kasihan 1, Puskesmas Sedayu 2, RS PKU Muhammadiyah Bantul

"Jadi, masyarakat pemudik yang belum sempat vaksinasi atau bahkan keluarga yang mau dikunjungi masih bisa melakukan vaksinasi di tempat yang dijadwal pada liburan Idulfitri," katanya.

Selain itu, pelayanan tes swab antigen secara mandiri juga masih ada di beberapa fasilitas kesehatan yang memberikan layanan saat cuti bersama, yaitu di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah), RSUD Panembahan Senopati, dan beberapa poliklinik.

Terkait ketersediaan obat-obatan, vaksin, dan bahan medis habis pakai untuk menunjang pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Bantul dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat yang memerlukan, termasuk obat obatan emergency.

"Vaksin yang tersedia terdiri dari vaksin rutin dan vaksin Covid-19. Logistik obat, vaksin dan bahan medis habis pakai juga sudah terdistribusi ke seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Bantul," katanya.

Dinkes Bantul juga mendirikan lima posko keselamatan selama Lebaran tahun ini, yaitu Posko public safety center di Markas untuk siaga 24 jam, posko kesehatan di Pos Simpang Tiga Piyungan (Jalan Wonosari) yang berdampingan dengan Pos Pengamanan.

Kemudian, tiga posko di lokasi wisata di sekitar tempat pemungutan retribusi Parangtritis, Pos Pantai Parangkusumo, dan Pos kesehatan di Mangunan.

"Di setiap posko kesehatan di jalur mudik dan lokasi wisata disiagakan tim P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) terdiri dari tenaga medis dan paramedis yang dilengkapi dengan mobil ambulans," katanya. (antara/mar3/jpnn)

Pemkab Bantul menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi pemudik dan wisatawan yang belum sempat mendapatkan vaksin. Catat lokasinya Lur.

Redaktur & Reporter : Januardi Husin

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News