Ke Keraton Yogyakarta, Jokowi Sampaikan Alasan Berlebaran di Jogja

Senin, 02 Mei 2022 – 14:59 WIB
Ke Keraton Yogyakarta, Jokowi Sampaikan Alasan Berlebaran di Jogja - JPNN.com Jogja
Presiden Jokowi mengunjungi Keraton Yogyakarta. Foto: Dok. Humas Setneg

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Seusai menjalankan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung menuju Keraton Ngayorgayakrta Hadiningrat untuk bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana dan putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Berdasarkan pantauan, presiden tiba di Keraton Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB disambut oleh Sultan HB X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, dan GKR Hayu.

Presiden tampak mengenakan kemeja batik dibalut celana panjang hitam, sementara Ibu Iriana mengenakan busana gamis berwarna putih.

Presiden memberi kesan bagaimana berlebaran di Jogja, termasuk salat Idulfitri dan agenda kunjungan ke Keraton Yogyakarta.

"Salat Id di Gedung Agung berjalan dengan baik, semuanya lancar dan alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri," kata dia.

Jokowi juga mengungkapkan alasannya memilih Jogja sebagai tempat merayakan hari kemenangan, yaitu untuk bersilaturahmi secara langsung dengan Raja Keraton Yogyakarta. 

"Mengapa Idulfitri tahun ini saya berada di Yogyakarta, tentu saja yang pertama kali kami kunjungi untuk silaturahmi dan mengucapkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin pada Pak Sultan, Ngarsa Dalem beserta Ibu Ratu (GKR Hemas) dan keluarga," lanjut presiden.

Presiden Jokowi berkunjung ke Keraton Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X. Ternyata, itu alasan Jokowi berlebaran di Jogja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News