Catat, 7 Ruas Jalan di Kota Yogyakarta Akan Diberlakukan Sistem Buka Tutup

Selasa, 03 Mei 2022 – 17:59 WIB
Catat, 7 Ruas Jalan di Kota Yogyakarta Akan Diberlakukan Sistem Buka Tutup - JPNN.com Jogja
Polresta Yogyakarta saat mengumumkan sekama rekayasa lalu lintas di jalur Malioboro saat Lebaran (Foto: M. Sukron/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Guna mengantisipasi kepadatan volume kendaraan yang berada di Kota Yogyakarta, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan memberlakukan sistem buka tutup di beberapa ruas jalan. 

Jika tidak, Kota Yogyakarta yang memiliki luas 32,5 kilometer persegi dengan total panjang jalan 202 kilometer, itu tidak akan mampu menampung animo kendaraan yang ingin menuju pusat pariwisata. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan sistem buka tutup lalu lintas ini akan diberlakukan di beberapa titik krusial agar bisa mengendalikan kendaraan yang hendak masuk.

Petugas akan melakukan penutupan arus lalu lintas jika dirasa volume kendaraan di dalam Kota Yogyakarta sudah terlampau padat.

"Ketika arus kendaraan sudah mulai mengalir, sekat akan kembali dibuka," katanya, Selasa (3/5).

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan kepadatan arus lalu lintas di dalam kota akan terjadi hingga akhir pekan, khususnya di seputar kawasan wisata dan pembelian oleh-oleh hingga jalan yang menjadi akses utama masuk ke Yogyakarta.

"Jika tidak dilakukan buka tutup lalu lintas, kapasitas jalan yang ada tidak akan mampu menampung arus kendaraan yang masuk," ujar dia.

Beberapa titik yang akan menjadi fokus buka tutup lalu lintas di antaranya adalah simpang Jalan AM Sangaji, simpang Pingit, simpang Godean, simpang Jalan Imogiri Barat dan Imogiri Timur, simpang Wonosari, dan simpang Jalan Adi Sutjipto.

Wisatawan yang hendak ke Kota Yogyakarta harus tahu bahwa tujuh ruas jalan ini akan diberlakukan sistem buka tutup.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia