Kriteria Warga Binaan di Kulon Progo yang dapat Remisi Lebaran 2022

Rabu, 04 Mei 2022 – 10:02 WIB
Kriteria Warga Binaan di Kulon Progo yang dapat Remisi Lebaran 2022 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kriteria pemberian remisi warga binaan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Rumah Tahanan Negara Kelas II B Wates di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan untuk memberi remisi atau pengurangan masa tahanan kepada 28 warga binaan.

Pemberian resmi itu untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: PAS-609.PK.05.04 Tahun 2022 tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idulfitri 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajariyanto mengatakan ada beberapa kriteria warga binaan yang mendapat remisi hari raya, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Penyesuaian, PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Perpres Nomor 174 tahun 1999 tentang Pengurangan Masa Tahanan.

Dari 28 warga binaan tersebut, 16 di antaranya mendapatkan remisi 15 hari, 12 orang mendapat remisi 1 bulan, dan dua orang dinyatakan telah bebas melalui program asimilasi di rumah.

Para penerima remisi tahun ini adalah warga binaan yang melakukan tindak pidana kriminalitas pencurian dan pelanggaran kesehatan.

Selain itu, mereka dinyatakan telah berkelakuan baik sehingga dianggap layak menerima remisi Idulfitri 1443 Hijriah.

"Tidak ada remisi untuk pelaku tindak kriminal luar biasa," katanya.

Selain itu, pada tahun ini, tidak ada warga binaan yang mendapatkan Remisi Khusus II atau dinyatakan bebas murni.

Rutan Kelas II B Wates memberikan remisi kepada 28 warga binaan dengan kriteria yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Apa saja ketentuannya?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News