Bumil Wajib Tahu, 2 Puskesmas di Yogyakarta Tetap Bantu Persalinan Selama Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 – 11:40 WIB
Bumil Wajib Tahu, 2 Puskesmas di Yogyakarta Tetap Bantu Persalinan Selama Lebaran - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Dua puskesmas melayani persalinan selama Lebaran. . Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Di Kota Yogyakarta, tercatat ada 100-an ibu hamil yang sedang menunggu masa persalinan selama libur Lebaran 2022.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiagakan dua puskesmas untuk menangani persalinan normal selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan yang siaga selama Lebaran adalah Puskesmas Tegalrejo dan Puskesmas Jetis.

Kedua puskemas tersebut dilengkapi dengan layanan persalinan dan rawat inap yang bisa diakses 24 jam setiap hari.

Layanan di puskesmas dibuka pukul 08.00-12.00 WIB pada Senin-Kamis dan pukul 08.00-11.00 WIB pada Jumat dan Sabtu.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta sudah melakukan berbagai persiapan untuk layanan persalinan normal selama libur Lebaran di puskesmas tersebut, di antaranya menyiapkan dokter spesialis dan berkoordinasi dengan rumah sakit.

“Koordinasi dengan rumah sakit diperlukan jika terjadi kegawatdaruratan yang menyebabkan persalinan tidak bisa dilakukan secara normal,” katanya.

Dengan demikian, Emma berharap penanganan persalinan di rumah sakit bisa dilakukan lebih cepat sehingga ibu dan bayi bisa dilahirkan dalam kondisi selamat dan sehat.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiagakan dua puskesmas untuk membantu ibu hamil melangsungkan persalinan secara normal saat musim libur Lebaran.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News