Bunda, Simak Penjelasan Ahli Gizi Soal Pentingnya Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Jumat, 08 Desember 2023 – 08:01 WIB
Bunda, Simak Penjelasan Ahli Gizi Soal Pentingnya Asam Folat Bagi Ibu Hamil - JPNN.com Jogja
Ibu hamil disarankan mengonsumsi asam folat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Asam folat atau folic acid adalah bagian dari vitamin B. Asam folat memiliki fungsi membantu menghasilkan dan mempertahankan sel-sel baru.

Ahli Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof Ambar Rukmini menjelaskan bahwa asam folat juga berfungsi mencegah perubahan DNA yang berkaitan dengan munculnya sel kanker.

Menurutnya, zat asam folat ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

"Karena proses kehamilan merupakan proses pertumbuhan janin menjadi individu yang siap dilahirkan sebagai bayi. Agar pertumbuhannya sempurna, maka proses pembelahan sel juga harus sempurna. Proses pertumbuhan sel-sel janin juga harus sempurna. Di situlah peran asam folat," katanya saat dihubungi JPNN.com, Kamis (7/12).

Kepada ibu hamil, ia menyarankan agar mengonsumsi asupan yang mengandung asam folat seperti alpukat, pisang, jeruk, bayam, selada, brokoli, kacang-kacangan, asparagus dan daging sapi.

Kemudian, kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat berdampak fatal sebab akan menyebabkan kelainan pada otak dan tulang belakang janin.

"Oleh karena itu, ibu hamil harus cukup mengonsumsi asam folat agar bayinya tumbuh sehat, normal dan memiliki kecerdasan yang baik," katanya.

Guru Besar pertama UWM tersebut lalu mengaitkan asam folat dengan stunting. Menurutnya, asam folat bisa mencegah stunting.

Ahli Gizi mengatakan asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia