Tips Menyantap Hidangan Lebaran tanpa Khawatir Berat Badan Bertambah

Kamis, 05 Mei 2022 – 12:40 WIB
Tips Menyantap Hidangan Lebaran tanpa Khawatir Berat Badan Bertambah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Tips menjaga berat badan saat berlebaran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat Lebaran kita biasanya disuguhi oleh hidangan yang lezat, tetapi tinggi gula dan lemak.

Makanan khas Lebaran bisa memicu kenaikan berat badan secara signifikan.

Health Claim Senior Manager Sequis dr. Yosef Fransiscus mengatakan tubuh kita membutuhkan 2000 kalori dalam sehari, tetapi kebutuhan itu sudah bisa dipenuhi hanya dalam satu porsi hidangan khas Lebaran.

Makanan seperti opor ayam, gulai rendang, dan ketupat adalah hidangan yang tinggi lemak dan kalori.

Makanan yang banyak mengandung gula seperti kue-kue khas Lebaran tidak kalah berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut Yosef, selain makanan tinggi kalori dan gula, penyebab berat badan naik dengan cepat karena kurang tidur dan minimnya aktivitas fisik.

Saat pulang kampung orang lebih senang menghabiskan waktu untuk bersantai bersama keluarga.

"Saat tubuh kurang tidur, hormon insulin, leptin dan ghrelin menjadi tidak seimbang yang dapat memicu nafsu makan lebih tinggi sehingga durasi dan porsi makan bisa lebih banyak dari biasanya," tutur Yosef.

Saat Lebaran, kita akan dihadapkan pada banyaknya hidangan yang tinggi lemak, gula, dan kalori. Bagaimana menyantap makanan tanpa khawatir berat badan bertambah
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia