Kenapa Masyarakat Akhirnya Bersedia Membuka Kembali TPA Piyungan?

Kamis, 12 Mei 2022 – 11:15 WIB
Kenapa Masyarakat Akhirnya Bersedia Membuka Kembali TPA Piyungan? - JPNN.com Jogja
Warga memblokade jalan menuju TPA Regional Piyungan. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - TPA Piyungan akhirnya dibuka kembali setelah beberapa hari lalu ditutup paksa oleh warga di Desa Sitimulyo, Piyungan, Kabupaten Bantul.

Pembukaan kembali lahan TPA tersebut merupakan kesepakatan antara Pemda DIY dan perwakilan warga sekitar TPA Regional Piyungan dalam audiensi yang dilaksanakan pada Rabu (11/5).

Audiensi itu menghasilkan kesepakatan bahwa akses masuk TPA Regional Piyungan akan kembali dibuka pada 12 Mei 2022.

Tujuan Pemda DIY sendiri membuka ruang diskusi adalah untuk mendengarkan aspirasi warga sekitar TPA Regional Piyungan yang sebelumnya merasa keberatan dengan rencana dibukanya lahan transisi.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan saat ini pemerintah daerah telah mengupayakan pemadatan sampah di zona A dan B untuk memperpanjang daya tampung.

“Setelah dipadatkan kemarin, bisa turun sekitar empat meter dan mungkin bisa bertambah daya tampungnya sekitar 1,5 bulan," kata dia 

Lebih lanjut, zona transisi akan digunakan jika kapasitas zona A dan B benar-benar sudah tidak memadai.

"Jadi, kami memaksimalkan dahulu zona A dan zona B,” imbuhnya. 

TPA Regional Piyungan akhirnya kembali dibuka setelah sempat ditutup oleh warga sekitar Desa Sitimulyo, Bantul. Apa yang terjadi?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News