Langkah Taktis Disdikpora DIY untuk Mencegah Hepatitis Akut

Jumat, 13 Mei 2022 – 12:30 WIB
Langkah Taktis Disdikpora DIY untuk Mencegah Hepatitis Akut - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Langkah Disdikpora DIY untuk mencegah hepatitis akut. Foto: dok. Danone

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Penyakit misterius hepatitis akut yang banyak menyerang anak-anak membuat Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) mengabil langkah taktis.

Meskipun sampai saat ini belum ada laporan kasus hapatitis akut di DIY, Dinas Kesehatan DIY telah meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu kebijakan yang diambil oleh Disdikpora DIY adalah melarang pengoperasian seluruh kantin sekolah di lima kabupaten/kota.

Selain itu, siswa-siswi di sekolah dianjurkan untuk membawa makanan dari rumah masing-masing dan tidak berkerumun saat menyantap bekal.

"Untuk kantin tetap kami belum mengizinkan dibuka," kata Wakil Kepala Disdikpora DIY Suhirman, Jumat (13/5).

Kebijakan ini sangat penting untuk dipatuhi mengingat hepatitis adalah penyakit yang menyebar melalui kontak fisik dan makanan.

"Pakai bekal dahulu dan dalam menikmati bekal tidak usah berkerumun," ujar dia.

Menurut Suhirman, meski seluruh sekolah di DIY telah nenerapkan PTM secara penuh atau 100 persen, hingga saat ini tidak ada laporan munculnya penularan Covid-19 maupun hepatitis akut misterius di sekolah.

Kekhawatiran tentang adanya kasus hepatitis akut membuat Disdikpora DIY mengambil langkah taktis. Kantin sekolah dilarang buka.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News