Bedhol Projo, Napak Tilas Sejarah Pemerintahan Kabupaten Sleman

Senin, 16 Mei 2022 – 11:15 WIB
Bedhol Projo, Napak Tilas Sejarah Pemerintahan Kabupaten Sleman - JPNN.com Jogja
Prosesi upacara Bedhol Projo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar sebuah acara penting pada Minggu (15/5), yaitu peringatan Bedhol Projo atau perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari Ambarrukmo ke Beran.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari puncak peringatan ulang tahun ke-106 Kabupaten Sleman.

Ketua Umum Panitia Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan masyarakat perlu tahu bahwa dahulu pusat pemerintahan Kabupaten Sleman berada di kawasan Ambarukmo, Depok.

"Pendopo Ambarukmo merupakan cikal bakal pusat pemerintahan Kabupaten Sleman," kata dia.

Prosesi peringatan Bedhol Projo kali ini diawali dengan kenduri yang diikuti oleh Perwakilan Panitia Hari Jadi Sleman, Panewu (Camat) Depok beserta perangkatnya, Lurah Caturtunggal, Lurah Maguwoharjo dan Lurah Condongcatur beserta perangkatnya serta Manajemen Royal Ambarukmo beserta jajaran perangkatnya dan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta bersama satu pleton bregodo kaprajuritan.

Acara diawali dengan doa, kenduri, potong tumpeng dan kembul bujono atau makan bersama.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan kendogo punjering pemerintahan Sleman dari Wawan widianto selaku Panewu Depok kepada Aji Wulantoro Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra selaku Ketua Umum Peringatan Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman.

Selanjutnya kendogo ini dibawa ke pusat pemerintahan Kabupaten Sleman Beran untuk bergabung ikut dalam Puncak Acara di Lapangan Pemda Sleman.

Puncak peringatan hari jadi yang ke-106 Kabupaten Sleman adalah memperingati peristiwa Bedhol Projo.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia