Edukasi Mitigasi Bencana di Tingkat Kelurahan Harus Lebih Kekinian

Rabu, 01 Juni 2022 – 15:36 WIB
Edukasi Mitigasi Bencana di Tingkat Kelurahan Harus Lebih Kekinian - JPNN.com Jogja
Kelurahan Kadipaten dikukuhkan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana pada Selasa (31/5). Foto: Humas DPRD DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan mengukuhkan Kadipaten sebagai Kelurahan Tangguh Bencana pada Selasa (31/5).

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menegaskan komitmen bersama pemerintah daerah untuk penanggulangan bencana, baik dari aspek kesiapsiagaan, pencegahan, kedaruratan, rehabilitasi, rekonstrusi, peralatan dan teknologi dengan dukungan anggaran yang memadai.

"Komisi A DPRD DIY kembali menegaskan komitmen bersama pemda untuk mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana baik dari berbagai aspek," kata Eko.

Kelurahan Kadipaten menjadi kelurahan ke-37 dari 45 kelurahan yg telah mendapatkan fasilitasi pelatihan penanggulangan bencana.

Eko pun berharap agar pada 2023 seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta sudah mendapatkan fasilitasi kelurahan tangguh bencana. 

"Maksimum 2023 seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta mendapatkan fasilitasi kelurahan tangguh bencana. Saya mengajak masyarakat untuk aktif dalam penanggulangan bencana," tegasnya.

Lebih lanjut, Eko merekomendasikan agar pemda mendukung program ini dengan memberikan peralatan memadai serta literasi digital. 

"Ke depannya edukasi tentang mitigasi bencana kan bisa dengan film atau visual yang menarik lainnya agar generasi milenial juga aktif dalam upaya penanggulangan bencana," pungkasnya. (mcr25/jpnn)

Komisi A DPRD DIY berharap pada 2023 seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta menjadi kelurahan tangguh bencana. Edukasinya pun harus lebih kekinian.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News