Kata Pakar Hukum UWM tentang Kasus Suap Haryadi Suyuti, Pedas!

Minggu, 05 Juni 2022 – 11:20 WIB
Kata Pakar Hukum UWM tentang Kasus Suap Haryadi Suyuti, Pedas! - JPNN.com Jogja
Kata pakar huku UWM soal kasus suap Haryadi Suyuti, peda. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota Yogyakarta periode 2011-2017 dan  2017-2022 Haryadi Suyuti sebagai tersangka kasus suap pada Jumat (3/6).

Menurut Pakar Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) Hartanto, mencuatnya kasu suap membuktikan bahwa ada problem transparansi, akuntabilias dan integritas di pemerintahan Kota Yogyakarta dalam memproses perizinan properti.

“Insiden ini menjadi petunjuk tentang fenomena anti korupsi di kalangan pejabat pemerintah yang masih jauh dari kata ideal,” kata dosen Fakultas Hukum tersebut pada Sabtu (4/6).

Haryadi Suyuti tak sendiri, ia ditetapkan sebagai tersangka bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Nur Widihartana dan Sekretaris Pribadi merangkap ajudan Triyanto Budi Wuyono.

Pejabat pemkot tersebut diduga menerima suap dari Vice President Real Estate Summarecon Agung Oon Nusihono sebesar Rp 50 juta dan 27.258 dollar AS.

Hartanto mengatakan penangkapan tersebut menguak dan membuktikan tentang riak-riak dugaan adanya ganjalan pemerintah Kota Yogyakarta dalam pelaksanaan good governance.

Menurutnya, penangkapan yang ditindaklanjuti penahanan Haryadi Suyuti menjadi autokritik bagi para pejabat pemerintah di Yogyakarta tentang bagaimana keseriusan dan komitmen mereka dalam membangun budaya antikorupsi.

“Ketika KPK menetapkan status tersangka dan menahan mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti itu, maka hal ini menjadi fenomena bahwa budaya antikorupsi di kalangan pejabat pemerintah Yogyakarta memang jauh dari kata ideal," kata dia.

Pakar Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) Hartanto mengatakan OTT KPK di Yogyakarta membuktikan problem integritas pejabat publik. Pedas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia