DPRD DIY Berharap Museum Bung Karno Dibangun di Jogja, untuk Apa?

Kamis, 09 Juni 2022 – 22:15 WIB
DPRD DIY Berharap Museum Bung Karno Dibangun di Jogja, untuk Apa? - JPNN.com Jogja
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto merekomendasikan pembangunan Museum Bung Karno di Jogja. Foto: Humas DPRD DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - DPRD DIY mengusulkan untuk membangun Museum Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia yang di dalamnya nanti terdapat Museum Bung Karno.

Museum tersebut diusulkan untuk dibangun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, pembangunan Museum Bung Karno diharapkan dapat menjadi destinasi wisata sejarah dan pusat riset untuk generasi muda di masa mendatang.

“Museum Bung Karno yang ada di Bali ini bisa jadi inspirasi untuk dihadirkan di Yogyakarta. Ada peran besar Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam kala awal perjuangan Indonesia,” kata Eko di sela kunjungannya di Bali pada Senin (6/6).

Pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni dan hari kelahiran Soekarno pada 6 Juni, Komisi A DPRD DIY ingin menegaskan kesetiaan dan menggelorakan Pancasila.

"Kalau Yogyakarta punya  perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, di Bali ada peraturan gubernur yang menegaskan bersama melawan terorisme dan separatisme yang mengganggu NKRI,” jelasnya. 

Upaya tersebut menurutnya harus ada dalam setiap pengambilan kebijakan di masa sekarang.

Lebih lanjut, Eko menambahkan bahwa berkaca dari perjalanan sejarah dan peran banyak tokoh di Yogyakarta, diharapankan ada destinasi wisata sejarah perjuangan bangsa di kota pelajar. 

DPRD DIY mengusulkan pembangunan Museum Bung Karno di Yogyakarta. Ini tujuannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News