Hari Ini Ada Macapat Senja di Teras Malioboro, Jangan Sampai Ketinggalan

Selasa, 28 Juni 2022 – 08:15 WIB
Hari Ini Ada Macapat Senja di Teras Malioboro, Jangan Sampai Ketinggalan - JPNN.com Jogja
Teras Malioboro. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat yang akan berkunjung ke pusat Kota Yogyakarta bisa mampir ke Teras Malioboro 2 untuk menyaksikan Macapat Senja pada Selasa sore (28/6).

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Disbud Kota Yogyakarta Ismawati Retno mengatakan pentas seni itu akan dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB.

Pentas seni sore nanti akan menampilkan macapat dengan konsep klasik dan kontemporer dengan seniman muda pelestari budaya.

“Akan ada sekitar 50 seniman muda yang terlibat dalam acara ini. Mereka akan menampilkan macapat challenge dan macapat free style tanpa meninggalkan aturan-aturan baku tembang macapat,” katanya.

Seniman macapat yang terlibat di antaranya kelompok anak muda jawara macapat dan seniman macapat muda tamansiswa.

Sedangkan pelaku seni yang akan menampilkan Macapat Challenge di antaranya, Danang Fitrianto (Marto Paidi), Maria Ratna Anggraini Santoso, Sri Yuwaningtyas Sukma Putri, Anggraini Puspita Imani, Rahmat Edhy Purnomo dan Rizki Nur Hakiki serta Macapat Freestyle oleh kelompok Mantradisi, pimpinan Paksi Raras Alit.

Diharapkan, dengan format pertunjukan yang disesuaikan dengan selera generasi muda maka diharapkan gelaran Macapat Senja dapat diterima dan bisa dinikmati oleh anak muda sehingga seni tradisi tersebut dapat mempertahankan eksistensinya.

Retno mengatakan gelaran Macapat Senja dapat menjadi benteng untuk mengimbangi akulturasi budaya di tengah gempuran budaya modern.

Di Teras Malioboro 2 akan ada pagelaran seni macapat yang menampilkan maestro macapat dan anak-anak muda berbakat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia