Gunungkidul Ternyata Punya Lumbung Pangan, di Sini Lokasinya

Sabtu, 02 Juli 2022 – 16:02 WIB
Gunungkidul Ternyata Punya Lumbung Pangan, di Sini Lokasinya - JPNN.com Jogja
Salah satu lumbung pangan di Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ternyata sudah mulai membangun lumbung pangan sebagai antisipasi krisis pangan yang mungkin terjadi pada masa depan.

Saat ini, sudah ada dua lumbung pangan yang tersedia dan dua lainnya sedang dalam tahap pembuatan.

Ketersediaan lumbung pangan di daerah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.
???
Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Adinoto mengatakan selain sebagai cadangan, lumbung pangan juga bisa dimanfaatkan oleh petani untuk belajar soal bisnis pangan.

"Cadangan pangan masyarakat harus difasilitasi dan didukung oleh pemerintah," kata dia.

Saat ini empat kapanewon/kecamatan yang sudah maupun akan memiliki lumbung pangan yakni Kapanewon Semin, Kapanewon Ponjong, Kapanewon Karangmojo, dan Kapanewon Paliyan.

"Kami berharap adanya lumbung pangan dapat berdampak baik bagi petani, khususnya pada sektor ketahanan pangan dan pembelajaran berbisnis bagi petani," katanya.

Dia mengatakan secara umum cadangan pangan masyarakat itu ada tiga, pertama cadangan pemerintah pusat, kemudian kedua cadangan pangan daerah, dan ketiga cadangan pangan masyarakat.

Lumbung pangan masyarakat ini didukung melalui dana alokasi khusus pertanian.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memiliki empat lumbung pangan yang bisa digunakan saat masa-masa krisis seperti bencana alam atau nonalam.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia