Kekurangan Siswa, 1 SD di Gunungkidul Sudah Digabung, 14 Lainnya Sedang Dipertimbangkan

Rabu, 20 Juli 2022 – 10:59 WIB
Kekurangan Siswa, 1 SD di Gunungkidul Sudah Digabung, 14 Lainnya Sedang Dipertimbangkan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Satu sekolah di Gunungkidul telah digabung karena kekurangan siswa. Foto : Ricardo/JPNN.Com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan untuk menggabung satu sekolah dasar (SD) dengan sekolah lainnya karena kekurangan siswa.

Sekolah itu adalah SD Negeri Candirejo 2 di Kalurahan Candirejo, Kecamatan Semin.

Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul memutuskan untuk melebur SD Negeri Candirejo 2 karena sudah tiga tahun terakhir selalu kekurangan siswa.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Gunungkidul Taufik Aminunddin mengatakan ada 14 sekolah lainnya yang juga kekurangan siswa dan berpotensi untuk digabungkan dengan sekolah terdekat.

Menurut Taufik, penggabungan 14 sekolah itu belum bisa cepat terlaksana karena harus ada sosialiasi kepada komite sekolah dan masyarakat sekitar.

Saat ini, Dinas Pendidikan Gunungkidul sedang menganalisis lebih lanjut terkait rencana penggabungan 14 sekolah itu.

"Kami lihat dahulu apakah di kawasan itu ada sekolah lain atau tidak. Yang jelas, apabila dalam tiga tahun jumlah murid kurang dari 60 siswa, masuk kajian untuk digabung,” katanya.

Mantan Guru SD Negeri Candirejo 2 Pramesti Utami mengatakan dirinya sudah dipindah mengajar di SD Negeri Bulurejo 2 yang juga berada di Kapanewon Semin.

Dinas Pendidikan Gunungkidul telah menggabungkan satu sekolah karena kekurangan siswa. Sebanyak 14 sekolah lainnya sedang dipertimbangkan untuk digabung.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia