Di Hadapan Taruna STPN, Menteri ATR/BPN Ungkap Cara Memberantas Mafia Tanah

Sabtu, 30 Juli 2022 – 14:10 WIB
Di Hadapan Taruna STPN, Menteri ATR/BPN Ungkap Cara Memberantas Mafia Tanah - JPNN.com Jogja
Kunjungan kerja Menteri ATR/Kepala BPN di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional pada Jumat (29/7). Foto: Humas ATR/BPN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta pada Jumat (29/7).

Di hadapan civitas academica STPN Yogyakarta, mantan Panglima TNI itu menyampaikan amanat penting terkait pertanahan di Indonesia.

Hadi mengatakan bahwa ia mengemban tugas dari Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan sengketa dan konflik agraria serta memberantas mafia tanah.

"Ini ada ilmunya, tidak mungkin kita bisa menyelesaikan masalah konflik, sengketa dan memberantas mafia tanah kalau tidak berilmu," tegasnya.

Ia berharap keilmuan yang didapat taruna dan taruni STPN dapat diimplementasikan dalam mendukung tugas pokok kementerian agraria.

"Kita bukan zamannya pokoknya, kita bukan zamannya yang penting selesai, tidak! Kita harus berdasarkan ilmu dan hukum," tegas dia.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan bahwa permasalahan terkait tanah seperti duplikasi sertifikat, sengketa dan konflik agraria berawal dari desa.

"Oleh sebab itu kita harus mulai berpikir apakah perangkat desa itu harus diberikan organ yang memiliki kemampuan dengan lulusan seperti D1 atau D4 untuk membantu pemerintah desa mengurus masalah pertanahan," katanya.

Di hadapan taruna STPN, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan permasalahan tanah di negara ini berawal dari desa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News