Kampung Panca Tertib Makin Banyak, Jam Malam Digiatkan

Minggu, 31 Juli 2022 – 16:26 WIB
Kampung Panca Tertib Makin Banyak, Jam Malam Digiatkan - JPNN.com Jogja
Kampung Panca Tertib diharapkan mampu menggiatkan aturan jam malam. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kampung-kampung di Kota Yogyakarta makin banyak yang mendeklarasikan diri sebagai Kampung Panca Tertib.

Saat ini sudah ada 121 kampung di Kota Yogyakarta telah menjadi Kampung Panca Tertib sehingga masyarakatnya makin meningkatkan keamanan wilayah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan gerakan Kampung Panca Tertib dimulai sejak 2015.

Dalam gerakan tersebut terdapat lima fokus ketertiban, yaitu tertib bangunan, daerah milik jalan, tertib usaha, lingkungan, dan sosial.

"Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat menjadi salah satu tujuan yang diharapkan bisa diwujudkan dalam pembentukan Kampung Panca Tertib," kata dia.

Kampung terakhir yang mendeklarasikan diri sebagai Kampung Panca Tertib adalah Kampung Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen.

Kampung Pringgokusuman akan fokus pada ketertiban lingkungan, mengingat lokasinya yang tidak jauh dari kawasan Malioboro.

Agus mengatakan sekitar 70-80 persen Kampung Panca Tertib memprioritaskan pada tertib lingkungan, termasuk memastikan kampung tersebut memiliki lingkungan yang bersih dan hijau.

Kota Yogyakarta kini memiliki banyak Kampung Panca Tertib. Aturan jam malam harap makin digiatkan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia